Yayasan An-Nuur Cahaya Umat Bergerak Dalam Dakwah, Pendidikan dan Sosial Akta Notaris Purnomo Widiyantoro, S.H: No. 01 Tanggal 10 Nopember 2008 SK Menteri Hukum dan HAM : No. AHU-130.AH.1.04. Tahun 2009 Terwujudnya Umat Yang Beriman, Bertaqwa, Berakhlaqul Karimah dan Berkualitas Untuk Mengharap Ridho Alloh SWT Donasi Untuk Pembangunan Sarana Dan Prasarana Pendidikan : BSI NO. REK 8850508888 A.N. YAYASAN AN-NUUR CAHAYA UMAT

An-Nuur Cahaya Umat

Yayasan An-Nuur Cahaya Umat terletak di Jl. Magelang km 12 Komplek Masjid An-Nuur, Krapyak Rt.10/ Rw. 21, Kelurahan Triharjo, Kecamatan Sleman, tidak terlepas dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Masjid An-Nuur yang didirikan tahun 1983. 

Masjid An-Nuur didirikan atas peran wakaf dari Bp. Emon Ihwan Ashari, Di pelopori oleh Bapak Cipto Suharjono (Alm), Muh. Warsyim, Abdul Malik (Alm), R.H Mudjimin, BA, Emon A, Washom, Tukiman, Marto Sukir, Muhdiharjo, Sudiyono, Ibu Indriyana P.H, Muh. Hasim dan masyarakat sekitar yang tidak dapat kami sebut satu persatu. Awal bangunan 100m2, telah mengalami perluasan 3 kali

masyarkat gotong royong untuk membangun gedung Masjid An-Nuur

Awalnya kegiatan untuk memakmurkan masjid berupa PAA (Pengajian Anak-Anak). Pada tahun 1989 di pelopori oleh generasi muda saat itu Ustadzah Sri Haryanti, Nuryono Bashori, dan M. Hasim mendirikan Madrasah Diniyah An-Nuur. (Madya) dengan dukungan Takmir Masjid. Tepatnya berdiri tanggal 24 Juni 1989 Pengajar ustadz/ah dari luar Ustadz Yusron, Heru, Ponimin, Hadiyudin, Sholeh Mursidi. Jumlah santri stabil 50-100 santri. Pada tahun 1997 generasi I pengajar-pengajar sudah mulai menyerahkan ke generasi II. Pelopor Pak Mahmudi, Ngishom, Nur Cholimah, Siti Norrohmah. Ustadz/ah silih berganti. jumlah ustadzah 21 orang.

Tahun 2003 Berdirilah PAUD An-Nuur tepatnya tanggal 1 April 2003. Ada 9 orang pelopor di PAUD: Ustadzah Nur Cholimah, Suprapti, Ratini, Mahfuji, Totok S, Kristina Wulandari, Sri Hartini, Siti Norrohmah, dan Aprilia Dita. Ketua Program program adalah ustadzah Nur Cholimah, M.Pd. Dalam rangka mengatasi kekurangan ustadz/ah generasi II mendirikan lapangan pekerjaan di masjid. Serta memakmurkan masjid, sekaligus di harapkan pendidik yang terlibat dapat mengajar setelah pulang dari bekerja. Pada tanggal 1 April 2003 didirikan Tempat Penitipan Anak dengan nama TBKB An-Nuur Jumlah Guru/ Ustadzah 7 orang, murid 7 anak.

November 2004 dibuatlah yayasan dengan nama Yayasan An-Nuur untuk mewadahi semakin berkembangnya kegiaan di masjid an-nuur. Yayasan An-Nuur dipelopori Bp. Mudjimin, Bp. H. Ahmad Dahlan (Alm), Bp.H. Muh Arifin, Bp. Amat Bajuri, Bp. Sudiyono (alm), Bp. H. Muh Hasyim, Bp. H. Yurdi Bahtiar (alm), Bp. Mahmudi Kusuma, Bp. Muh Ngishom, MF Nugroho yang kemudian membentuk kepengurusan tahun 2005-2009 sebagai pengurus yayasan periode 1.

Tahun 2009 ada perubahan untuk nama Yayasan An-Nuur ditambah An-Nuur Cahaya Umat. Bapak H. Purnomo Widyantoro, SH. sebagai Notaris dan salah satu pengurus Yayasan yang mengurusi perijinan sampai ke Dept. Hukum dan HAM sekaligus membentuk pengurus Yayasan Baru periode 2009-2012. H. Muh. Hasim, H. Setyohadi TH,  Sudiyono ,Nur Cholimah,M.Pd, Vivi Kusumastuti,SH, H.Yurdhi Bachtiar, Musabikhah , Mahmudi Kusuma, S.Ag , Siti Norrohmah, S.Pd, Dwi Sufiyati, AMKL , Dwi Sufiyanti, SKM , Giyono , M. Ngishom, S.Pd.I,  Basuki Kasihono,  Purnomo W, SH,  Mahfuji , Masdjar Sodiki, S.Ag,  Cakhyono,  H. Anggoro,  Sutopo,  Sandiman , Udji Bawono, ST.

 

Pengurus Tahun 2005-2009

Tahun 2005 ada program wakaf Bangunan dan Gedung yang diketua oleh Bapak Drs. H. Ahmad Dahlan (Alm), dan telah lunas pada tahun 2010. Tahun 2001 dibentuk Alamanda, persatuan alumni madrasah diniyah, untuk ketuanya adalah Nur Hidayat DS. Saat ini konstribusi dari alamanda adalah membantu acara-acara ketika MILAD. Tahun 2002 dibentuk Forwasda ketua adalah Ibu Martini, yang rutin sebulan sekali mengadakan pengajian wali santri dan donatur. Tahun 2005 ada gagasan membuat Tabungan atas usul dari bapak H. Muh Arifin ada diberi nama Luwes (Lumbung wargo emut swargo) tabungan inilah yang sangat membantu perputaran uang di Yayasan An-Nuur Cahaya Umat. Tahun 2006 Pondok Pesantren dibawah Asuhan Bapak Muh. Arifin. Untuk penanggung jawab adalah Ustadzah Nur Cholimah, kemudian tahun 2011 beralih pada ustadzah Siti Muntowiyah dengan jumlah santri mukim 7 orang. Panti Asuhan Non Panti, berdiri sejak bulan Juli 2006, yang dipelopori oleh Bapak Hasim, Ustadzah Nur Cholimah, Musabikhah, Siti Norrohmah, Nia sadida Dan Jumlah anak yang disantuni atau mendapat santunan dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Prinsip di Yayasan An-nuur ini adalah tidak akan menolak murid hanya karena kesulitan biaya. Serta membantu bagi anak-anak atau remaja yang ingin maju dalam mencari ilmu. Tahun 2009 terbentuklah Majelis Taklim Ummi adapun pengurus dari majelis Taklim : Ketua Ibu Nihayatun Ni’mah, Paryati Setyohadi, Sutiyah Mudjimin, Samsilah Amat Bajuri, Musabikhah, Rochaniah, Indriana, Minarni, Retnowati, Sutini, Khusnul Wardayati, Ety Wirniati, Martini, Isdariyah, Sri Martuti, dan Endang Jamasri. pengajian rutin 2 minggu sekali, jumlah jama’ah saat ini 80 orang. Tahun 2010 Askesos (asuransi kesejahteraan Sosial) pengurus terdiri dari 10 orang. Dipelopori oleh Ustadzah Musabikhah, Nur cholimah, siti Siti Norrohmah, Sufiyati, Dwi Rini C, Ratini, Vivi K, Nurlistiyati, Noor Rohmah, dan Ira Widyasari. Jumlah anggota 150 dan sampai saat ini terus menerima anggota dengan syarat keluarga yang bekerja sektor Informal (pedagang, petani, buruh, dll) yang belum mendapat jaminan sosial dari manapun. Tahun 2010 Supermaket An-Nuur, yang dipelopori oleh Ustadzah Nur Cholimah, Dwi Sufiyati, Dwi Sufiyanti, Siti Norrohmah, Suratiningsih, Raisa Sadida, Giyono, dan M. Hasnan Amin. Dan untuk Manajer supermaket adalah Ustadzah Sufiyati. Tahun 2010 Supermaket An-Nuur, yang dipelopori oleh Ustadzah Nur Cholimah, Dwi Sufiyati, Dwi Sufiyanti, Siti Norrohmah, Suratiningsih, Raisa Sadida, Giyono, dan M. Hasnan Amin. Dan untuk Manajer supermaket adalah Ustadzah Sufiyati. membangun, dan menfasilitasi MI ini yang tujuan akhirnya adalah membangun generasi yang berakhlaqul kalimah, serta cerdas, dan mandiri yang kelak dapat membangun bangsa ini lebih baik sehingga dari sekolah ini muncul pemimpin-pemimpin yang berakhlaqul karimah, cerdas, dan bijak, serta mandiri.Pelaksananya adalah Ustadzah Suratiningsih, S.E., Tami Pratiwi, S.Sos.I, Dwi Sufiyanti, SKM, Muhammad Hasnan Amin, dan Tatiya Padang Tunggal, ST.

Kegiatan yang ada di bawah Yayasan adalah sebagai berikut :

  1. Madrasah Diniyah Takmiliyah An-Nuur Madya
  2. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ/TPA MDA An-Nuur)
  3. Takmir Masjid An-Nuur
  4. Majlis Taklim Ibu-ibu (Ummi)
  5. Forum Alumni Madrasah Diniyah (ALAMANDA)
  6. Forum Wali Santri (FORWASDA)
  7. PAUD Terpadu An-Nuur : TPA Plus (4 bln-2,5 th), KB (2,5-4 th), TK (4-7 th)
  8. Askesos (Asuransi KesejahteraaN Sosial)
  9. Supermarket An-Nuur
  10. Madrasah Ibtidaiyah Plus An-Nuur
  11. Pusat Kegiatan Belajar Mandiri (PKBM)
× Nara Hubung - 08175475401